Dampak negatif akibat mengganti domain blog | Search Aja


hanya sedikit mau berbagi pengalaman tentang domain gratis, sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya jika ada yang belum tau apa itu domain silahkan mengunjungi postingan saya yang satu ini yaitu PENGERTIAN DOMAIN DANSUB DOMAIN,

Jaman sekarang ini banyak sekali situs situs yang menawarkan domain yang ‘’full gratis’’ ( dalam tanda kutif ) , seperti... ... domain yang ditawarkan juga sangatlah berkelas seperti .com .net .info dan .org mulai dari gratis 1 tahun, ataupun gratis selamanya. Namun ada juga yang menyediakan domain gratis yang kurang waah dibandingkan dengan domain yang saya sebutkan diatas yaitu misalnya domain .tk .cc dan sebagainya ( utuk yang ini cara mendapatkannya cukup mudah ), namun untuk mendapatkan domain yang berkelas seperti .com .net dll diatas juga tidak semudah yang di bayangkan . yaa  prinsip dagang yang berbicara pada hal ini ,a da uang - ada barang , apa barang – berapa uang .

disini saya tidak membahas tentang cara mendapatkan domain gratis tersebut, saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang  dampak bagi blog akibat mengganti domain dan dalam kasus ini adalah dimain yang gratisan ..

beberapa bulan yang lalu , sekitang  5 bulan dari postingan ini dibuat , saya tertarik pada suatu artikel dari blog tentangga tentang cara mengganti domain blog kita dengan domain gratis yang menurut saya lebih baik daripada menggunakan subdomain dan kebetulan juga pada waktu it sayang masih kurang mengerti tentang hal ini , mana yang kata orang baik saya langsung coba tentunya bukan dari pendapat satu orang saja melainkan beberapa bartikel yang saya kunjungi untuk mencari tau tentang kelebihan menggunakan domain ( bukan subdomain ).

Semula blog yang saya huni adalah blog mbile yaitu http;//kardinata.mywapblog.com dan pada saat itu saya sama sekali belum mengenal dan belum mau mengenal dan mencoba ngeblog di blogspot yang sekarang saya huni dikarenakan media saya  yang terbatas .
Singkat aja nih ( gak penting semua )
Saya mengganti domain blog saya kardinata.mywapblog.com  menggunakan domain gratisan .tk . pada saat itu ( sebelum mengganti domain ) , masalah traffic pengunjung diblog saya masi sedikit yaitu rata rata 1200 pengunjung per harinya . maklum selain bukan ahli seo , blog kardinata.mywapblog tersebut juga masih muda , mungkin sekitar  5 bulanan itupun tidak sepenuhnya saya kelolah , sekitar 3 bulan blog saya terbengkalai .
Berharap mempunyai traffic yang lebih dengan cara mengganti domain , ternyata yang saya dapat malah sebaliknya . blog saya jadi semakin sepi dan sulit untuk ditemukan pada search engine google, padahal sebelum saya mengganti domain , cukup dengan mengeikkan ‘’ kardinata’’ pada pencarian google artikel blog yang terdapat pada blog saya langsung bisa dilihat pada urutan nomor satu dan seterusnya dengan diselingi beberapa blog yang juga mengandung kata kardinata. Namun setelah subdomain kardinata.mywapblog.com saya ganti dengan domain kardinata.tk , hasilnya sangatlah menakutkan , untuk mencari blog saya tidak cukup hana dengan mengetikkan ‘’kardinata’’ pada pencarian google , malah mungkin bisa bisa tidak akan ketemu. Bahkan yanglebih menakutkan adalah ketika saya mengetikkan judul salah satu postingan secara lengkap pada pencarian google dan diikuti dengan nama saya dibelakangnya , blog saya tetap tidak terlihat pada halaman google.

Sebnarnya hal ini cukup lama untuk saya sadari , mungkin sekitar 1.5 bulan setelah mengganti domain. Namun setelah saya tau dampak dari kegiantan saya mengganti domain yang sangat menakutkan ini , segera saya meminta pada pemilik www.mywapblog .com yaitu mr. Arvind untuk berkenan mengenbalikan alamat blog saya kesemula yaitu kembali menjadi kardinata.mywapblog.com .

Allhamdulillah..
Tidak sampai 6 jam feedback saya langsung ditindak lanjuti, alhasil alamat blog saya pun telah berubah menjadi sediakala. Dan alhamdulillah lagi tidak memerlukan waktu lama untuk membuat traffic blog saya normal kembali  ( sekitar 2 minggu ).

Saya tidak tau pasti penyebab kemerosotan traffic akibat mengganti domain tersebut. Apakah itu dampat dari domain yg digunakan atau terjadi error pada googlekarna meta tag yang saya pasang .

Kesimpulan ::
Lebih baik tidak usah mengganti domain dengan domain yang kurang berkelas atau gratisan , apalagi jika blog kamu suda lumayan populer di mata search engine . domain gratis 1 tahun juga sangatlah berbahaya bagi blog untuk kedepannya, bayangkan jika masa domainnya telah usai dan blog kamu dipaksa untuk berpindah ke domain semula , maka dapat dipastikan blog kamu akan mengalami penurunan traffic yang sangat drastis . tetapi dibalik itu semua, jika setelah satu tahun kamu berniat untuk membeli domain yang kamu pakai ( primium ) maka ini tidak akan jadi masalah.

Cukup disini saja artikel tentang pengalaman pribadi yang menyakitkan bagi saya , semoga bisa bermanfaat bagi anda semua dan dapat memilah milah mana yang baik dan mana yang kurang baik untuk dilakukan ..

INI HANYA PENGALAMAN SAYA , JIKA ANDA MERASA ARIKEL INI SANGAT TIDAK SESUAI DARI APA YANG ANDA KETAHUI , SAYA MOHON MAAF SEBESAR BESARNYA KARENA SAYA SADAR SAYA BARU SAJA MELEPAS POPOK DALAM HAL SEPERTI INI.. ^ _ ^

1 komentar:

  1. Boriel Cyber mengatakan...:

    wah kebetulan ane juga mau gnti domain

Posting Komentar

 
SEARCH AJA , siapa tau ketemu.. !! © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour